Liga Premier Inggris adalah liga sepakbola yang paling terkenal di dunia karena memiliki tempo permainan yang tinggi, persaingan yang ketat dan berisikan beberapa pesepakbola tercepat di dunia diantara 20 klub yang bermain didalamnya.

Tampaknya faktor ‘kecepatan’ merupakan tuntutan dari permainan sepakbola modern yang telah meningkat secara dramatis disepanjang abad ke-21, terutama di negara Inggris. Setiap posisi diatas lapangan, terkecuali kiper diwajibkan untuk memiliki kecepatan agar dapat bersaing dengan cepat dan merupakan gaya ekspansif dan Liga Premier.

Contoh seperti Thierry Henry, Cristiano Ronaldo dan Fernando Torres adalah sedikit pemain yang unggul diatas rekan setimnya saat bermain di tanah Inggris selama karirnya dan ternyata mereka memiliki faktor khas yang terlihat membedakan mereka dari pemain lain yaitu kecepatan. Terbukti, para pesepakbola yang memiliki faktor kecepatan ini telah menjadi pemain terbaik di Liga Premier dan bahkan berhasil menjadi pemain berkelas dunia. Namun itu dulu, sekarang tentu sudah jauh berbeda. Anda penasaran siapakah pesepakbola tercepat di tanah Inggris sekarang? Dibawah ini adalah 15 pesepakbola tercepat di Liga Premier Inggris, diantaranya adalah:

  1. Michail Antonio / West Ham United


Akhir-akhir ini sosok Michail Antonio sukses menghangatkan posisi tengah The Hammers dalam bentuk yang sangat mengerikan. Pemain sayap Inggris ini mampu mengubah tempo permainan menyerang dibalut dengan kecepatannya yang mengagumkan, sayangnya dirinya belum diberi kesempatan untuk menunjukkan kualitas di Upton Park. Antonio berhasil menjadi pahlawan di Sheffield Wednesday dan Nottingham Forest sebelum mendarat di Hammers.

  1. Saido Berahino / West Bromwich Albion


Saido Berahino adalah pemain yang berhasil membuat klub-klub besar Inggris seperti Chelsea, Liverpool dan Totteham jatuh cinta kepada dirinya. Kenapa? Karena dia memiliki kecepatan yang mengerikan. Bintang West Brom ini adalah sejenis striker pemburu yang kerap melewati lini pertahanan lawan dengan sempurna. Berahino dapat memposisikan dirinya dengan akurat ditambah dengan kecepatannya yang mengagumkan sehingga menghasilkan kombinasi yang langka untuk seorang pemuda seusianya.

  1. Victor Ibarbo / Watford


Victor Ibarbo memiliki fisik yang sempurna sehingga dirinya sangat cocok di iklim Liga Premier. Striker Kolombia ini mempunyai fisik yang tinggi, kuat dan sangat cepat. Akselerasi dan kecepatannya menghiasi penampilan di sepanjang karirnya. Banyak pihak yang menilai bahwa dirinya adalah salah satu pesepakbola Kolombia yang dapat menyerang dan setajam pisau.

  1. Kyle Walker / Tottenham Hotspur


Jikalau kita memilih siapa pemain tercepat di Tottenham maka keputusan itu akan jatuh diantara Kyle Walker atau Aaron Lennon, sebelum dirinya hijrah ke Everton pada Spetember 2015. Walker dan Lennon adalah duo maut Inggris yang memiliki kecepatan fantastis. Walker mempunyai insting akurat untuk memanfaatkan langkahnya dalam serangan maupun bertahan sehingga membuatnya menjadi sosok yang menakutkan di posisi sayap. Dia tidak berkelas dalam hal bertahan, namun pria 25 tahun ini merupakan aset berharga Spurs dan Inggris di lini belakang.

  1. Jefferson Montero / Swansea City


Jefferson Montero adalah contoh pesepakbola yang baik karena ia memiliki kecepatan fantasis sehingga mampu meneror lini pertahanan lawan secara konstan. Penyerang sayap Kolombia ini selalu dihadirkan pada babak kedua dan keputusan itu terbukti efektif, ia dan Garry Monk selalu berhasil mendominasi permainan di musim ini.

  1. DeAndre Yedlin / Sunderland


DeAndre Yedlin adalah seorang bek yang mempunyai bakat lengkap. Ia adalah satu-satunya pemain tercepat yang penah diproduksi oleh MLS, Amerika. Karena bakat tersebut, Yedlin mendapatkan sebuah langkah besar untuk hijrah ke Tottenham pada Agustus 2014 sebelum dipinjam ke Sunderland pada musim 2015/16 untuk membantu perkembangannya. Pria 22 tahun ini berhasil memikat para fans Black Cats dan kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. Ia mempunyai peluang besar untuk menantang Kyle Walker di posisi bek kanan saat membela Tottenham musim depan nanti.

  1. Xherdan Shaqiri / Stoke City


Mantan sayap Bayern Munchen, Xherdan Shaqiri menjadi sosok mentor bagi para pemain Stoke City baru-baru ini. Pemain Swiss ini gagal bersinar di Bayern Munchen bersama Arjen Robben dan Franck Ribery. Karena pernah membela tim besar, ia memiliki kesempatan besar bersama Potters dan sejak saat itu terlihat perbedaan yang besar dalam diri Shaqiri terutama dalam hal akselerasi dan kecepatan yang luar biasa.

  1. Sadio Mane / Southampton


Sadio Mane telah mengubah status Liga Premier baru-baru ini, setidaknya karena kemampuannya yang menghibur untuk melewati lini pertahanan dengan kecepatannya. Pemain sayap Senegal ini menduduki peringkat teratas dalam posisinya dan telah menunjukkan persepsi matang dengan kontrol yang mengagumkan. Pria berusia 23 tahun ini berhasil menarik sejumlah klub besar seperti Manchester United untuk mengawasi dirinya.

  1. Nathan Redmond / Norwich City


Nathan Redmond selalu menjadi andalan Norwich City dan selalu dipercaya untuk tampil selama 90 menit membela klub kesayangannya. Pemain Inggris ini mampu menguliti semua bek lawan di Liga Premier dengan menunjukkan kecepatan sehingga membuatnya menjadi ancaman besar jika timnya melakukan serangan balik.

  1. Rolando Aarons / Newcastle United


Lahir di Jamaika, Rolando Aarons sering dibanding-bandingkan dengan Raheem Sterling dalam faktor kemampuan dan gaya permainannya. Pemain sayap Newcastle United ini belum mendapatkan tempat tetap dalam skuat utama The Magpies. Aarons baru berusia 20 tahun di musim ini, sehingga masih memiliki banyak waktu untuk membuktikan kemampuan terbaiknya di depan Steve McClaren.

  1. Memphis Depay / Manchester United

Memphis Depay terkenal di Liga Premier karena sering memamerkan kombinasi menakjubkan mulai dari ketrampilan, kekuatan dan kecepatan yang terdapat dalam dirinya. Sosoknya begitu mengingatkan kita pada legenda Cristiano Ronaldo kala berseragam Setan Merah. Pesepakbola Belanda ini dapat bermain secara fleksibel dan selalu berada di posisi terbaiknya di musim ini. Saat dirinya ditawari Louis Van Gaal untuk mengisi sisi kiri, Memphis melakoninya dengan sempurna. Ia mampu menggabungkan kecepatan dan trik untuk menemukan ruang kosong di lini tengah serta dapat melepaskan tembakan menggelegar ke gawang lawan.

  1. Raheem Sterling / Manchester City


Selama musim 2012/13, nama Raheem Sterling selalu menjadi sorotan dunia sepakbola karena dirinya kerap menunjukkan serangkaian kemampuan yang menawan dan salah satunya adalah kecepatan. Dengan kombinasi kecepatan serta kecerdasannya yang dapat digunakan diatas lapangan, pemain berusia 21 tahun ini adalah salah satu pemain depan tergesit di Liga Premier. Bahkan selama bertahun-tahun, mantan pemain Liverpool ini selalu menampilkan permainan yang halus dan secara bertahap mampu membuktikan bahwa dirinya siap untuk membela The Citizens.

  1. Jordan Ibe / Liverpool


Dia boleh saja mengambil waktu lebih lama untuk masuk ke dalam skuat inti Liverpool dan karena hal itulah dirinya mampu memiliki sejumlah kualitas yang baik. Pemain sayap The Reds ini mempunyai banyak kesamaan dengan mantan rekannya, Raheem Sterling yaitu kecepatan baik itu sedang berlari sambil membawa bola atau tanpa bola. Usianya masih terbilang muda dan berkesempatan untuk mengembangkan kemampuannya lagi. Ibe adalah sosok pemuda yang tak kenal takut dan pantang menyerah.

  1. Jamie Vardy / Leicester City


Tidak ada pesepakbola Liga Premier yang meningkat tajam di musim ini selain striker dari Leicester City, Jamie Vardy. Ia adalah pesepakbola yang berhasil mencetak 11 gol di Liga Premier dan menjadi top-scorer sementara. Pesepakbola 28 tahun ini mempunyai semua kemampuan striker yang sangat berbahaya, bahkan sebagian pengamat bola banyak mengekspose dirinya. Selain mempunyai finishing yang luar biasa, ia juga mempunyai kecepatan yang mengerikan dan faktor inilah yang seringkali mengancam barisan pertahanan lawan.

  1. Gerard Deulofeu / Everton


Gerard Deulofeu adalah lulusan dari akademi muda Barcelona. Pemain Spanyol ini mempunyai visi dan misi khas La Masia dan mempunyai kecepatan yang sangat ditakuti lawannya. Deulofeu adalah pemain sayap Liga Premier tercepat dan sekarang ia tinggal memfokuskan diri untuk mempertajam kualitas tembakan saja.